Kuala Kapuas, 28/04/2018. PTSP merupakan ujung tombak pelayanan publik pengadilan yang berkualitas, bentuk pelayanan berkualitas tersebut dilakukan dengan memberikan pelayanan yang terintegrasi dalam satu kesatuan proses dimulai dari tahap awal sampai dengan tahap penyelesaian produk pelayanan pengadilan melalui satu pintu.

Penyelenggaraan PTSP ini senantiasa dilaksanakan dengan prinsip-prinsip dasar berupa keterpaduan, efektif, efisien, ekonomis, koordinasi, akuntabilitas, dan aksesibilitas. Ruang lingkup PTSP di Pengadilan Negeri Kuala Kapuas ini meliputi seluruh pelayanan administrasi yang menjadi lingkup kompetensi sebagaimana diatur dalam Keputusan Ketua Mahkamah Agung No. 026/KMA/SK/II/2012 tanggal 9 Februari 2012 tentang Standar Pelayanan Peradilan dan peraturan perundangan lainnya yang berlaku. Demi mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas di bagian PTSP, maka diadakannya Pelatihan Pelayanan yang baik dan benar di bagian PTSP pada Pengadilan Negeri Kuala Kapuas Kelas II.

 Pelatihan ini merupakan pelaksanaan salah satu program aktualisasi Calon Hakim PN Kuala Kapuas, Anugerah Merdekawaty Maesya Putri. Pelatihan ini diadakan pada hari Jumat, 28 April 2018. Pelatihan dilaksanakan di ruang sidang utama dengan mengundang Bapak M. Yudhi Julianoor pelatih dari Bank BRI Kantor Wilayah Banjarmasin. Acara pelatihan ini dimulai dengan kata sambutan dari Ibu Ketua Nurhayati Nasution, S.H., M.H. yang kemudian dilanjutkan penyampaian materi dan sesi tanya jawab oleh Bapak M. Yudhi Julianoor dan diakhiri role play sebagai acara inti dimana dalam role play ini para petugas PTSP dan meja informasi harus melakukan praktik pelayanan pengadilan secara langsung.

Program PTSP ini merupakan wujud dari pelayanan publik yang prima dalam rangka melaksanakan kegiatan-kegiatan atau kebutuhan-kebutuhan yang diselenggarakan oleh lembaga Pengadilan terhadap seluruh masyarakat yang mencari keadilan sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku. Pelatihan ini diharapkan membantu mewujudkan kualifikasi tertentu dalam hal standarisasi pelayanan yang harus dimiliki oleh seluruh petugas PTSP, yang antara lain sebagai berikut:

    1. Memahami Standar Layanan Pengadilan, prosedur administrasi maupun prosedur beracara di Pengadilan untuk setiap jenis perkara yang menjadi kewenangan Pengadilan Negeri Kuala Kapuas;
    2. Memahami profil pengadilan seperti struktur organisasi dan persidangan, peraturan, keputusan dan kebijakan yang dikeluarkan oleh Mahkamah Agung Republik Indonesia dan Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum;
    3. Memiliki kemampuan mengoperasikan komputer;
    4. Memiliki kemampuan komunikasi yang baik, bersikap sopan dan ramah, serta berpenampilan rapi.

Pelatihan ini Pelaksanaan sangat diperlukan sebagai wujud komitmen oleh seluruh Pimpinan dan Aparatur Pengadilan secara terintegrasi, oleh sebab itu dalam rangka mewujudkan keberhasilan pelaksanaan PTSP tersebut.

Kuala Kapuas, 28/04/2018. PTSP merupakan ujung tombak pelayanan publik pengadilan yang berkualitas, bentuk pelayanan berkualitas tersebut dilakukan dengan memberikan pelayanan yang terintegrasi dalam satu kesatuan proses dimulai dari tahap awal sampai dengan tahap penyelesaian produk pelayanan pengadilan melalui satu pintu.

Penyelenggaraan PTSP ini senantiasa dilaksanakan dengan prinsip-prinsip dasar berupa keterpaduan, efektif, efisien, ekonomis, koordinasi, akuntabilitas, dan aksesibilitas. Ruang lingkup PTSP di Pengadilan Negeri Kuala Kapuas ini meliputi seluruh pelayanan administrasi yang menjadi lingkup kompetensi sebagaimana diatur dalam Keputusan Ketua Mahkamah Agung No. 026/KMA/SK/II/2012 tanggal 9 Februari 2012 tentang Standar Pelayanan Peradilan dan peraturan perundangan lainnya yang berlaku. Demi mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas di bagian PTSP, maka diadakannya Pelatihan Pelayanan yang baik dan benar di bagian PTSP pada Pengadilan Negeri Kuala Kapuas Kelas II.

 Pelatihan ini merupakan pelaksanaan salah satu program aktualisasi Calon Hakim PN Kuala Kapuas, Anugerah Merdekawaty Maesya Putri. Pelatihan ini diadakan pada hari Jumat, 28 April 2018. Pelatihan dilaksanakan di ruang sidang utama dengan mengundang Bapak M. Yudhi Julianoor pelatih dari Bank BRI Kantor Wilayah Banjarmasin. Acara pelatihan ini dimulai dengan kata sambutan dari Ibu Ketua Nurhayati Nasution, S.H., M.H. yang kemudian dilanjutkan penyampaian materi dan sesi tanya jawab oleh Bapak M. Yudhi Julianoor dan diakhiri role play sebagai acara inti dimana dalam role play ini para petugas PTSP dan meja informasi harus melakukan praktik pelayanan pengadilan secara langsung.

Program PTSP ini merupakan wujud dari pelayanan publik yang prima dalam rangka melaksanakan kegiatan-kegiatan atau kebutuhan-kebutuhan yang diselenggarakan oleh lembaga Pengadilan terhadap seluruh masyarakat yang mencari keadilan sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku. Pelatihan ini diharapkan membantu mewujudkan kualifikasi tertentu dalam hal standarisasi pelayanan yang harus dimiliki oleh seluruh petugas PTSP, yang antara lain sebagai berikut:

    1. Memahami Standar Layanan Pengadilan, prosedur administrasi maupun prosedur beracara di Pengadilan untuk setiap jenis perkara yang menjadi kewenangan Pengadilan Negeri Kuala Kapuas;
    2. Memahami profil pengadilan seperti struktur organisasi dan persidangan, peraturan, keputusan dan kebijakan yang dikeluarkan oleh Mahkamah Agung Republik Indonesia dan Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum;
    3. Memiliki kemampuan mengoperasikan komputer;
    4. Memiliki kemampuan komunikasi yang baik, bersikap sopan dan ramah, serta berpenampilan rapi.

Pelatihan ini Pelaksanaan sangat diperlukan sebagai wujud komitmen oleh seluruh Pimpinan dan Aparatur Pengadilan secara terintegrasi, oleh sebab itu dalam rangka mewujudkan keberhasilan pelaksanaan PTSP tersebut.